Sistem Informasi Manajemen Kinerja Guru

Authors

  • Windy Puji Oktiagraha Universitas Kristen Duta Wacana
  • Umi Proboyekti Universitas Kristen Duta Wacana
  • Yetli Oslan Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2020.42.197

Keywords:

Kinerja Guru, Presensi Digital, E-survey, SMA Bopkri 1 Yogyakarta

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan saat ini dianggap penting untuk dilakukan oleh setiap sekolah. Proses yang terjadi dalam penjaminan mutu pendidikan ini diantaranya adalah penilaian kinerja guru. Kinerja guru di sekolah dapat dinilai kehadiran harian, total jam mengajar, dan penilaian siswa. Dalam pelaksanaannya, sekolah mendapati permasalahan efisiensi dalam penggunaan sumber daya biaya dan waktu. Data-data yang digunakan sebagai dasar penilaian sebagaianterekam dalam media tercetak. Sebagian lagi dalam format elektronik dan tidak menjadi satu kesatuan. Akses dan pengolahan data-data tersebut menjadi tidak efisien dan membutuhkan waktu banyak. Media terintegrasi yang mampu menampung seluruh penilaian tersebut ke dalam satu tempat belum tersedia. Dari permasalahan tersebut penulis membuat aplikasi berbasis web untuk sekolah menengah atas dengan tujuan untuk membantu proses penilaian kinerja guru. Aplikasi ini dirancang agar mampu menjadi media pencatatan, pengolahan dan pengelolaan data yang terintegrasi untuk tiap aspek penilaian kinerja guru. Sistem yang dibangun akan memfasilitasi guru dalam melakukan presensi secara digital.Selain itu, sistem dapat memfasilitasi murid dalam mengisi form survei untuk penilaian guru. Dari data-data ini sistem juga akan menampilkan nilai untuk tiap-tiap aspek yang berguna bagi kepala sekolah untuk pengambilan keputusan. Proses pengujian sistem ini dilakukan berdasarkan beberapa skenario yang ditujukan untuk responden penelitian. Responden pengujian dalam sistem ini berjumlah 10 orang. Adapun responden terdiri dari 1 orang sebagai waka kurikulum, 1 orang sebagai kepala sekolah, 7 orang sebagai guru dan 1 orang sebagai siswa. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh responden dalam penelitian berhasil melakukan task-task dalam skenario yang dibuat.

References

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.16, Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2007.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2016 TENTANG SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, 2016.

S. Sawchuk, “Teacher Evaluation: An Issue Overview,” Education Week, 3 September 2015. [Online]. Available: https://www.edweek.org/ew/section/multimedia/teacher-performance-evaluation-issue-overview.html.

T. M.Archer, “Web-Based Surveys,” Journal of Extension, 21 Agusust 2003. [Online]. Available: https://www.joe.org/joe/2003august/tt6.php.

D. Ingram, “What is Management Information System,” Houston Chronicle, 12 February 2019. [Online]. Available: https://smallbusiness.chron.com/management-information-system-2104.html.

R. S.Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Publisher, 2015.

R. Wulandari, Danuri dan Jaroji, “Aplikasi Pengelolaan Presensi Guru Berbasis Web di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis,” Jurnal Informatika Polinema, p. 1, 2019.

T. Robby, S. Djoni dan C. Ivan, “Penerapan Teknologi RFID untuk Purwarupa Pencatatan Presensi Mahasiswa di Laboratorium Komputer,” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelegence, p. 2, 2017.

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2016 TENTANG SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, 2016.

R. d. L. E.Padmowati dan Akdon, “Sistem Manajemen Evaluasi Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan SMK,” Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, 2014.

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
W. P. . Oktiagraha, U. . Proboyekti, and Y. . Oslan, “Sistem Informasi Manajemen Kinerja Guru”, JUTEI, vol. 4, no. 2, pp. 77–88, Jul. 2021.