Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Dalam Pembangunan Layanan Online Jual Beli Barang Bekas

Authors

  • Bonifasius Adhi Pratama Universitas Kristen Duta Wacana
  • Umi Proboyekti Universitas Kristen Duta Wacana
  • Katon Wijana Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2020.41.192

Keywords:

Jual Beli Online, User Centered Design, Barter

Abstract

Setiap tahun banyak mahasiswa merantau dari berbagai daerah di Indonesia ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan, diwaktu yang sama ada pula yang telah lulus. Sebagian yang telah lulus memilih untuk kembali ke daerah asalnya atau bekerja di luar kota. Mahasiswa baru yang datang merantau biasa memilih kos sebagai tempat tinggal dan membutuhkan perabotan kos. Diwaktu yang sama, mahasiswa yang telah lulus membutuhkan tempat untuk menampung perabotan kosnya karena tidak mungkin dibawa semua perabotannya. Dari permasalahan tersebut penulis membuat aplikasi website jual beli barang bekas kos, dengan tujuan untuk membantu menghubungkan penjual dan pembeli yang membutuhkan perabotan kos bekas yang dapat menjual secara satuan, sepaket, atau bertransaksi dengan cara barter. Aplikasi website jual beli perabotan kos bekas ini disusun dengan menggunakan metode User Center Design (UCD). Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa, dan orang umum yang sedang kos di kota Yogyakarta. Proses terakhir yaitu melakukan pengujian dengan menggunakan usability testing. Responden yang terlibat dalam pengujian ini berjumlah 22 orang. Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan mendapat rata-rata 93% untuk member sebagai pembeli dan 92% untuk member sebagai penjual. Kesimpulan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa wesbite yang telah dibangun sudah usable.

References

D. J. K. &. Dikti, “Ristekdikti,” 4 April 2019. [Online]. Available: https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/kopertis-wilayah-v-d-i-yogyakarta/.

C. Abras, D. Maloney-Krichmar dan J. Precee, “User-Centered Design,” Encyclopedia of Human-Computer Interaction, vol. 37, pp. 445-446, 2004.

M. Magain, “What Does a User-Centred Design Process Look Like?,” 12 February 2013. [Online]. Available: https://uxmastery.com/what-does-a-user-centred-design-process-look-like/.

J. Nielsen, “Usability 101: Introduction to Usability,” Usability 101: Introduction to Usability, 4 January 2012.

M. D. Oelangan, “Akibat Hukum Bagi Pelaku Perjanjian Barter dalam Transaksi Perdagangan Eksport-Import di Indonesia,” Jurnal Pranata Hukum, vol. 2, pp. 139-145, 2007.

Duniapcoid, “Barter Adalah: Pengertian, Sejarah, Jenis, Syarat, Kekurangan dan Kelebihan,” 13 September 2019. [Online]. Available: https://duniapendidikan.co.id/barter-adalah-pengertian-sejarah/.

A. Y. Vadwala dan M. S.Vadwala, “E-Commerce :Merits and Demerits A Review Paper,” International Journal of Trend in Scientific Research and Development, vol. 1, pp. 117-120, 2017.

R. Yulianto, Francisca dan E. Pramana, “Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Efektifitas Antarmuka Perangkat Lunak Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Siswa Taman Kanak-kanak,” IdeaTech, pp. 282 - 289, 2015.

S. M. Maulana, H. Susilo dan Riyadi, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online.,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 29, pp. 1-9, 2015.

W. Widhiarso, Jessianti dan Sutini, “Metode UCD untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ,” Jurnal Ilmiah STIMIK GI MDP, vol. 3, pp. 6 -10, 2007.

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
B. A. . Pratama, U. . Proboyekti, and K. . Wijana, “Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Dalam Pembangunan Layanan Online Jual Beli Barang Bekas”, JUTEI, vol. 4, no. 1, pp. 33–43, Jul. 2021.