EVALUASI KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI DANA PENSIUN SEKOLAH KRISTEN SALATIGA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

Authors

  • Yosafanto Adi,  Universitas Kristen Satya Wacana
  • (*) Agustinus Fritz Wijaya,  Universitas Kristen Satya Wacana

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2017.11.8

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Sistem Informasi, Framework COBIT 5, Dana Pensiun

Abstract

Sistem Keuangan merupakan infrastruktur teknologi informasi yang ada di Dana Pensiun Sekolah Kristen Salatiga. Sistem Keuangan dapat mengelola berbagai laporan mulai dari pencatatan kas hingga pembuatan laporan keuangan. Pentingnya sistem keuangan dalam operasional, menjadikannya  harus dalam kondisi yang optimal. Perlu adanya kontrol dan evaluasi terhadap kinerja sistem informasi (SI) agar sistem yang dibangun organisasi dapat mencapai tujuan bisnis. Untuk itu diperlukannya evaluasi kinerja sistem keuangan, pada penelitian ini standar yang digunakan untuk proses evaluasi kinerja yaitu COBIT 5. Framework COBIT 5 dapat menjadi sebuah alat evaluasi kinerja SI untuk menilai seberapa jauh SI  dapat memenuhi kebutuhan tujuan bisnis. Berdasarkan evaluasi kinerja pada sistem keuangan menggunakan COBIT 5 didapatkan hasil bahwa organisasi sudah mengimplementasikan semua proses, yang berarti Dana Pensiun Sekolah Kristen Salatiga sudah mencapai tingkat kapabilitas pada level 1 (Performed Process) maupun level 2 (Managed Process). Untuk memperbaiki tingkat kapabilitas proses-proses TI tersebut, maka COBIT 5 telah memberikan panduan berupa rekomendasi guna penyelerasan antara tujuan bisnis Dana Pensiun Sekolah Kristen dengan tujuan TI dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas Sistem Keuangan untuk mencapai tujuan organisasi. 

References

[1] L. H. D. Purnomo, “Perancangan Model Tata Kelola Ketersediaan Layanan TI menggunakan Framework COBIT Pada BPK RI,” 2010.

[2] ISACA, “COBIT 5 Enabling Processes,” 2012. [Online]. Available: https://www.isaca.org/COBIT/Documents/COBIT-5-Enabling-Processes-Introduction.pdf.

[3] C. Juliane, R. Rakhmayudhi dan N. Nuraeni, “Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Di Pt. Rancek Sukses Bandung Dengan Menggunakan Framework Cobit 5.0 (Studi Kasus Sios-Sistem Informasi Kios),” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 1, no. 1, 2014

[4] B. Suranto, F. F. Hanum dan K. Haryono, “Audit Sistem Informasi Rsud Sleman Untuk Monitoring Dan Evaluasi Kinerja Sistem,” dalam Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed), Yogyakarta, 2014.

[5] R.Sarno. Strategi Sukses Bisnis dengan Teknologi Informasi Berbasis Balanced Scorecard dan Framework COBIT 4.1. Surabaya: ITS Press.2009.

[6] A. Pasquini dan E. Galiè, “COBIT 5 and the Process Capability Model. Improvements Provided for IT Governance Process.,” dalam roceedings of FIKUSZ ’13 Symposium for Young Researchers, Budapest, 2013.

[7] ISACA, “COBIT 5: A Business Framework for theGovernance and Management of Enterprise IT,” 2012. [Online]. Available: https://www.isaca.org/cobit/Documents/COBIT-5-Introduction.pdf.

Downloads

Published

2017-04-17

How to Cite

[1]
Y. Adi and A. F. Wijaya, “EVALUASI KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI DANA PENSIUN SEKOLAH KRISTEN SALATIGA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5”, JUTEI, vol. 1, no. 1, Apr. 2017.