IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA KEDAI KOLEGA YOGYAKARTA

Authors

  • (*) Arfiani Nur Khusna,  Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2019.31.71

Keywords:

reservasi, E-Commerce, pelanggan

Abstract

Kedai Kolega yaitu usaha yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman. Kedai Kolega memberikan layanan pembelian dan layanan reservasi. Permasalahan di Kedai Kolega adalah proses reservasi dengan datang langsung ke tempat sehingga membuat biaya dan waktu tidak efisien bagi pelanggan yang berada jauh dari lokasi. Pelanggan juga tidak dapat melakukan reservasi di luar jam operator karena keterbatasan kedai kolega dalam melayani pelanggan secara real time 24 jam sehari,  Perkembangan internet yang pesat merupakan faktor pendorong e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Menggunakan internet dalam hal ini E-Commerce akan memudahkan Kedai Kolega ketika melakukan pengelolaan data yang lebih cepat dan akurat dan melakukan reservasi secara online. Sistem E-Commerce diujikan dengan menggunakan metode black box dan alfa test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce mampu memberikan kemudahan kepada pihak Kedai Kolega dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan

References

[1] Argien, Mochamad dan Rahayu, Sri. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Jacket Oscar Di Toko Glacer Jacket Garut Berbasis Web. Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[2] D Tri Octafian. Jan 2015. WEB Multi E-commerce berbasis framework Codeinteger. Jurnal Tekhnologi dan Informatika (TEKNOMATIKA) VOL. 5 NO. 1.
[3] Himawan; Saefullah, Asep dan Santoso Sugeng. 2014.Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Program Studi Teknik Informatika STMIK Raharja Tangerang.
[4] MADCOMS. 2011. “Sukses Membangun Toko Online dengan E-Commerce”. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[5] Miftah, Shabur Maulana; Susilo Heru dan Riyadi. 2015.Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
[6] Mulyanto, Agus. (2009). “Sistem Informasi Konsep Dan Aplikasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[7] Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[8] Wahana, Agung dan Purliansyah Irvan. 2012. Pembangunan E-Commerce (Penjualan Online) Pada Turpez Shop. Universitas Islam Negri Bandung.
[9] Wirdasari, Dian. 2009. Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis”. Jurnal SAINTIKOM.
[10] Yakub. (2012 ). “Pengantar Sistem Informasi”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[11] Yulia, Ratih. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Tas Pada Toko Lokalop. STMIK Nusa Mandiri Jakarta.

Published

2020-01-29

How to Cite

[1]
A. N. Khusna, “IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA KEDAI KOLEGA YOGYAKARTA”, JUTEI, vol. 3, no. 1, pp. 75–83, Jan. 2020.