IMPLEMENTASI SISTEM RESERVASI ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA KEDAI KOLEGA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21460/jutei.2019.31.71Keywords:
reservasi, E-Commerce, pelangganAbstract
Kedai Kolega yaitu usaha yang bergerak di bidang produksi makanan dan minuman. Kedai Kolega memberikan layanan pembelian dan layanan reservasi. Permasalahan di Kedai Kolega adalah proses reservasi dengan datang langsung ke tempat sehingga membuat biaya dan waktu tidak efisien bagi pelanggan yang berada jauh dari lokasi. Pelanggan juga tidak dapat melakukan reservasi di luar jam operator karena keterbatasan kedai kolega dalam melayani pelanggan secara real time 24 jam sehari, Perkembangan internet yang pesat merupakan faktor pendorong e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Menggunakan internet dalam hal ini E-Commerce akan memudahkan Kedai Kolega ketika melakukan pengelolaan data yang lebih cepat dan akurat dan melakukan reservasi secara online. Sistem E-Commerce diujikan dengan menggunakan metode black box dan alfa test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce mampu memberikan kemudahan kepada pihak Kedai Kolega dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan
References
[2] D Tri Octafian. Jan 2015. WEB Multi E-commerce berbasis framework Codeinteger. Jurnal Tekhnologi dan Informatika (TEKNOMATIKA) VOL. 5 NO. 1.
[3] Himawan; Saefullah, Asep dan Santoso Sugeng. 2014.Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Program Studi Teknik Informatika STMIK Raharja Tangerang.
[4] MADCOMS. 2011. “Sukses Membangun Toko Online dengan E-Commerce”. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[5] Miftah, Shabur Maulana; Susilo Heru dan Riyadi. 2015.Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
[6] Mulyanto, Agus. (2009). “Sistem Informasi Konsep Dan Aplikasi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[7] Suyanto, M. 2003. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. ANDI OFFSET, Yogyakarta.
[8] Wahana, Agung dan Purliansyah Irvan. 2012. Pembangunan E-Commerce (Penjualan Online) Pada Turpez Shop. Universitas Islam Negri Bandung.
[9] Wirdasari, Dian. 2009. Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis”. Jurnal SAINTIKOM.
[10] Yakub. (2012 ). “Pengantar Sistem Informasi”. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[11] Yulia, Ratih. 2015. Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Tas Pada Toko Lokalop. STMIK Nusa Mandiri Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish articles in JUTEI agree on the following rules:
1. The author grants non exclusive royalty free rights, and is willing to publish articles online and complete (full access). With such rights JUTEI reserves the right to save, transfers, manages in various forms, maintains and publishes articles while keeping the author's name as the copyright owner.
2. Each author contained in the article has contributed fully to the substance and intellectual, and is accountable to the public. If in the future there is a copyright infringement notification then this will be responsibility of the author, not JUTEI.