GENERATOR FORM HTML BERBASIS TABEL DENGAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

Authors

  • (*) Katon Wijana,  Universitas Kristen Duta Wacana

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2019.31.147

Keywords:

form, html, kontrol form, oop, object, generator, tabel, antarmuka grafis

Abstract

Untuk menambahkan data pada tabel memakai aplikasi berbasis web diperlukan antarmuka grafis yang berupa Form HTML. Tiap field/atribut tabel memerlukan kontrol form yang sesuai dalam rangka meminimalkan kesalahan data yang akan dimasukkan. Ada keterkaitan antara tipe data suatu field pada tabel dengan jenis kontrol form yang digunakan, sehingga antarmuka grafis yang berupa Form HTML dapat dibuat secara otomatis.Ada bermacam-macam kontrol Form HTML yang berupa tag, pada umumnya berupa tag input. Yang membedakan antara kontrol form satu dengan yang lain adalah atribut : type, size, value sehingga untuk menentukan jenis dan isi kontrol form dapat diberikan melalui parameter-parameter.Form dapat dipandang sebagai suatu objek yang di dalamnya mempunyai banyak objek yang lain yaitu berupa kontrol-kontrol form. Dengan paradigma Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) generator Form HTML ini dapat diwujudkan.Melalui meta data dari suatu tabel, akan dapat diperoleh jenis kontrol form HTML yang sesuai, namun untuk tiap tipe data terentu dapat mempunyai kandidat kontrol form yang sesuai, oleh karena itu sebelum Form HTML dibuat oleh generator, perlu ada sedikit campur tangan pemakai untuk mendapatkan antarmuka Form HTML yang dikehendaki.

References

(2019) w3schools.com. [Online]. Tersedia: https://www.w3schools. com/

Surfas M and friends,"Combining Forms with Table", dalam Using Intranet HTML, Indianapolis, Indiana, 1996, hal 546-547.

HB, Detron,"Column Type", dalam MySQL Reference Manual, Finland, 2000, hal 157-160.

Quigley E. and Gargenta M., “About PHP,” dalam PHP and MYSQL By Example, edisi ke-1, Soughton, Massachusetts, 2007, hal.4, 222, 232.

Greenspan J and Bulger B, "Variables", dalam MySQL/PHP Databbase Application, Indianapolis, New York, M&T Books, 2001, hal 71,77,79, 87.

Lavin P,"What a tangled web we weave", dalam OBJECT-ORIENTED PHP Concepts, Techniques, and Code, No Starch, San Fransico, 2006, hal 1-2, 6, 28

Published

2019-06-27

How to Cite

[1]
K. Wijana, “GENERATOR FORM HTML BERBASIS TABEL DENGAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK”, JUTEI, vol. 3, no. 1, pp. 11–20, Jun. 2019.