EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI E-FILING MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA SALATIGA

Authors

  • (*) Agustinus Fritz Wijaya,  Universitas Kristen Satya Wacana
  • Anneke Tri Andani,  Universitas Kristen Satya Wacana

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2017.11.9

Keywords:

E-Filing, Pajak, Framework COBIT 5, KPP Pratama, IT Governance, Evaluasi Kinerja Sistem, Sistem Informasi

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama merupakan salah satu instansi di bawah Kementerian Keuanngan. Tugas utama dari KPP Pratama yaitu melaksanakan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan terhadap Wajib Pajak khususnya dibidang Pajak Penghasilan, Pajak Penjualan, Pajak Pertambahan Nilai, serta pajak tidak langsung lainnya. Dalam pelaksanaan tugasnya KPP Pratama menerapkan sistem IT governance untuk pencapaian tujuan bisnis namun kurangnya tata kelola dalam penerapan sistem IT governance mengakibatkan kurang optimalnya KPP Pratama dalam menjalankan tugas dan pencapaian tujuan. Diperlukan penilaian tingkat kematangan IT governance untuk mengetahui pencapaian KPP Pratama dari tujuan bisnisnya, sehingga menghasilkan rekomendasi untuk memperbaiki tata kelola dalam penerapan IT Governance. Dalam menilai tingkat kematangannya digunakan pendekatan dengan COBIT 5. Dengan 15 responden dari 2 divisi menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kuesioner penelitian berfokus pada domain proses APO 13, BAI 06, dan DSS 05. Domain proses yang digunakan dalam penelitian didapat dari hasil pemetaan terhadap tujuan bisnis, tujuan TI, dan terkait proses TI. Hasilnya rata-rata tingkat kematangan  dari ketiga domain proses yaitu 1,22 dengan berada pada level 1 (Performed Process).

References

[1] ISACA, The IT Governance Institute, COBIT 4.1 Framework, Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models, USA, 2007.

[2] IT Governance Institute, 2007, COBIT 4.1, USA.

[3] McGladrey, IT Governance and The COBIT 5.0 Framework.US

[4] ISACA, 2012, COBIT 5 : A Business Framework for Governance & Management i,. USA: IT Governance Institute.

[5] Al-Rasyid. Achyar, Tahun. Analisis Audit Sistem Informasi Berbasis COBIT 5 Pada Domain Delivery, Service, and Support (DSS) (Studi Kasus: SIM-BL di Unit CDC PT Telkom Pusat. Tbk), Universitas Telkom

[6] Gondodiyoto .S, & Hendarti .H, “Pengendalian Intern & Model Referensi” dalam Audit Sitem Informasi, edisi asli, Jakarta, Indonesia, 2006, hal. 230-239.

[7] Jananto. Arief, 2006, Evaluasi Kinerja Sistem Informasi, Jakarta: Mitra Wacana Media.

[8] Artanti. Juwita.K, David. Augie. M, Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Pembayaran Dengan Menggunakan COBIT 4.1 di PDAM Salatiga, Universitas Kristen Satya Wacana.

[9] ISACA, 2012, COBIT 5 Enabling Processe., USA: IT Governance Institute.

[10] Wandita. Nanda Putra, 2014, Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian).

[11] Agustiningsih. Wulandari, “Pengaruh Penerapan E-Filing, Tingkat Pemahaman Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Yogyakarta”,UNY, Yogyakarta, 2016.

Downloads

Published

2017-04-17

How to Cite

[1]
A. F. Wijaya and A. T. Andani, “EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI E-FILING MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA SALATIGA”, JUTEI, vol. 1, no. 1, Apr. 2017.