APLIKASI WEB SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT GIZI

Authors

  • (*) Clara Hetty Primasari,  Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2018.21.59

Keywords:

Sistem Pakar, Penyaikit Gizi, Web, C#

Abstract

Gizi adalah komponen tubuh yang sangat penting untuk menyokong dan mempertahankan agar fungsi tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sayangnya di negara-negara miskin dan berkembang, masalah gizi khususnya kekurangan asupan makanan bergizi masih menjadi persoalan utama. Penyebabnya karena minimnya pengetahuan dan kepedulian terhadap pentingnya makan-makanan bergizi. World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa 175 juta anak di negara bekembang mengalami kekurangan gizi jika ditinjau dari berat badan untuk umur tertentu. Menurut WHO, anak penderita gizi buruk rentan terhadap kematian 5-20 kali lebih besar dari anak dengan nutrisi baik. Kemajuan teknologi dalam bidang IT telah membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan kita. Tidak ada satupun sisi kehidupan kita kini yang tidak bisa dibantu dengan teknologi informasi tersebut. Dengan adanya masalah kekurangan gizi yang terjadi di tengah-tengah dunia yang sedang berkembang teknologinya, penulis berkeinginan untuk memanfaatkan teknologi pada permasalahan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pakar untuk mendiagnosis penyakit yang disebabkan oleh masalah gizi dengan menggunakan metode Certainty Factor. Sistem pakar memiliki komponen yang disebut mesin inferensi yang mengandung mekanisme fungsi berpikir dan penalaran sistem yang digunakan oleh seorang pakar. Sistem pakar ini akan dibangun untuk digunakan dalam platform web dengan bahasa pemrograman C#. Akan sangat bermanfaat apabila kepakaran seorang pakar dapat diterjemahkan dan dimodelkan ke dalam sebuah sistem berbasis web sehingga sistem tersebut dapat digunakan kapan saja dan di mana saja dan dapat mewakili pengetahuan dan pertimbangan pakar.

Author Biography

Clara Hetty Primasari, Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Program Studi Sistem Informasi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

References

[1] Kuntari, dkk, “Faktor Risiko Malnutrisi pada Balita,” Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, vol. 7, no. 12, hal. 572-576.

[2] W. Setiabudi, E. Sugiharti and F. Arini, "Expert Sistem Diagnosis Dental Disease Using Certainty Factor Method", Scientific Journal of Informatics, vol. 4, no. 1, p. 43, 2017.

[3] F. Başçiftçi and H. İncekara, "Web based medical decision support sistem application of Coronary Heart Disease diagnosis with Boolean functions minimization method", Expert Sistems with Applications, 2011.

[4] I. Astuti, H. Sutarno dan Rasim. (2017). The Expert Sistem of Children’s Digestive Tract Disease Diagnostic using Cmbination of Forward Chaining and Certainty Factor Methods. International Conference on Science in Information Technology [Online]. Tersedia: http://ieeexplore.ieee.org.ezproxy.ugm.ac.id/document/8257185/

[5] F. Wulandari dan I. Yuliandri, “Diagnosa Gangguan Gizi dengan Metode Certainty Factor,” Jurnal Sains, Teknologi, dan Industri, vol. 11, no. 2, hal. 305-313, 2014.

[6] E. Agustina, I. Pratomo, A.D. Wibawa dan S. Rahayu. (2017). Expert Sistem for Diagnosis Pests and Disease of The Rice Plant using Forward Chaining and Certainty Factor Method. International Seminar on Intelligent Technology and Its Application [Online]. Tersedia: http://ieeexplore.ieee.org.ezproxy.ugm.ac.id/document/8124092/

[7] I. Sumartono, D. Arisandi, A. P.U. Siahaan dan Mesran. "Expert Sistem of Catfish Disease Determinants Using Certainty Factor Method", International Journal of Recent Trends in Engineering and Research, vol. 3, no. 8, hal. 202-209, 2017.

[8] D. Li, Z. Fu and Y. Duan, "Fish-Expert: a web-based expert sistem for fish disease diagnosis", Expert Sistems with Applications, vol. 23, no. 3, pp. 311-320, 2002.

[9] F. ZETIAN, X. FENG, Z. YUN and Z. XIAOSHUAN, "Pig-vet: a web-based expert sistem for pig disease diagnosis", Expert Sistems with Applications, vol. 29, no. 1, pp. 93-103, 2005.

[10] J. Durkin, Expert sistems. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall, 1997.

[11] P. Lucas and L. Van der Gaag, Principles of expert systems. Wokingham, Angleterre: Addison-Wesley, 1991.

[12] D. Heckerman, “The Certainty Factor Model” dalam Encyclopedia of Artificial Intellegence, edisi ke-2, New York, USA, 1992, hal. 1-21.

[13] Giarratano, J. C., Riley, G.D., Expert Sistem Principles and Programming Fourth Edition, Canada: Course Technology, 2005.

[14] J. E. Weber and P. H. Bartels, "Performance evaluation of an expert system using rescaled certainty factors (medical diagnosis)," Proceedings of the Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society, New Orleans, LA, USA, 1988, pp. 1371-1372 vol.3. doi: 10.1109/IEMBS.1988.95175

[15] Bakri, dkk. 2002. Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta. EGC.

Published

2018-04-19

How to Cite

[1]
C. Hetty Primasari, “APLIKASI WEB SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT GIZI”, JUTEI, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Apr. 2018.