Pemanfaatan Seamless Wireless (EoIP) dan GPS pada Sistem Peringatan Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu

Authors

  • Dio Pramantha,  Universitas Kristen Duta Wacana
  • Gani Indriyanta,  Universitas Kristen Duta Wacana
  • (*) Laurentius Kuncoro Probo Saputra,  Universitas Kristen Duta Wacana

(*) Corresponding Author

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2020.41.194

Keywords:

sistem kereta, sistem otomatis, seamless EoIP, nodes, perlintasan kereta

Abstract

Perlintasan kereta liar tanpa palang pintu dan tanpa penjaga merupakan awal mula sering terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api. Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan pembangunan sistem otomatis peringatan kedatangan kereta dengan memanfaatkan teknologi seamless wireless Ethernet over Internet Protocol (EoIP). Penelitian ini dilakukan dengan pengujian prototype di lingkungan UKDW dengan panjang pelintasan kurang lebih 70 - 80 meter, menggunakan 1 MCU(Micro Controller Unit) ESP8266 dan 1 GPS Module yaitu node kereta, 2 MCU, 2 unit LCD module, 2 Servo motor dan 2 Buzzer menjadi 2 node perlintasan kereta. Sistem ini diuji coba sebanyak 30 kali dengan checklist pengujian. Pengujian dimulai saat node kereta mengirimkan informasi dalam bentuk longitude dan latitude ke server lalu server akan menghitung jarak antara node kereta dengan setiap node perlintasan kemudian hasil jarak tersebut akan di kirim ke setiap node perlintasan kereta, akan terjadi pengecekan jarak di setiap node perlintasan kereta, pada jarak yang telah ditentukan palang akan ditutup ataupun dibuka. Dari 30 kali percobaan disimpulkan bahwa sistem otomatis peringatan kedatangan kereta dapat mendeteksi kedatangan kereta dan telah berhasil dibangun dengan benar dan berjalan sesuai flow sistem yang sudah dirancangkan. Dilengkapi dengan pemanfaatan Teknologi seamless wireless EoIP yang memungkinkan pembangunan jaringan bahkan di titik buta tidak dapat dijangkau oleh  operator seluler ataupun GSM. Oleh karena itu seamless wireless EoIP ini sangat cocok dalam membantu pembangunan sistem peringatan kedatangan kereta api dengan palang otomatis  dibuktikan dengan setiap alat dapat terhubung dan tidak terputus selama 30 kali percobaan.  

References

H. P. Klaten, "Laka Kereta Api di Perlintasan Tanpa Palang Pintu, Pengendara Motor Terseret Hingga 10 Meter," 09 Januari 2018. [Online]. Available: http://jateng.tribunnews.com/2018/01/09/laka-kereta-api-di-perlintasan-tanpa-palang-pintu-pengendara-motor-terseret-hingga-10-meter.

M. A. Firdaus, "Miniatur Palang Pintu Kereta Otomatis Dengan Menampilkan Kecepatan Kereta Serta Waktu Tunggu Menggunakan Arduino," pp. 1-100, 2015.

D. Cahyadi, "Pemanfaatan Fitur Tunneling Menggunakan Virtual Interface EoIP di MikrotikRouterOS Untuk Koneksi Bridging Antar Kantor Melalui Jaringan ADSL Telkom Speedy," pp. 1-5, 2010.

H. Briantoro, F. Arifin and A. Hendriawan, "Sistem Informasi Posisi Kereta Api," pp. 1-6, 2011.

A. Pranindya, "Pendeteksi dan Pelacakan Keberadaan manusia menggunakan GPS," pp. 7-33, 2014.

D. F. Arranda, KONTROL LAMPU RUANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN NODEMCU ESP8266, pp. 3-4, 2017.

A. Destiara, "Sistem Pemberi Pakan Ayam Terjadwal Menggunakan Modul WiFi," pp. 2-3, 2017.

K. Anggoro, "ANALISIS WIRELESS DISTRIBUTION SYSTEM (WDS) DENGAN 4 BUAH RB951Ui-2HnD," pp. 9-12, 2017.

"Manual:Interface/EoIP," 22 Mei 2018. [Online]. Available: https://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Interface/EoIP.

M. P. Nauly, "Detektor Posisi Kendaraan Bermotor dengan Sensor GPS dan Aplikasi Android (Transmitter)," eprints repository software, p. 11, 2015.

M. Jean, Astronomical Algorithms (second edition), Richmon, Virginia: Willmann-Bell, Inc, 1998.

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
D. . Pramantha, G. . Indriyanta, and L. K. P. Saputra, “Pemanfaatan Seamless Wireless (EoIP) dan GPS pada Sistem Peringatan Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu”, JUTEI, vol. 4, no. 1, pp. 55–64, Jul. 2021.