Pengelolaan Informasi Tenaga Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo Berbasis SMS Gateway

Authors

  • Valdi Haris Adi Nugroho Universitas Kristen Duta Wacana
  • Gani Indriyanta Universitas Kristen Duta Wacana
  • Prihadi Beny Waluyo Universitas Kristen Duta Wacana

Keywords:

SMS Gateway, Broadcast SMS, Pencari Kerja, Lowongan

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang menjadikan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan adanya teknologi kegiatan manusia yang biasanya dilakukan secara manual saat ini sudah banyak yang digantikan oleh sistem. Salah satu teknologi yang paling popular dan banyak masyarakat menggunakan adalah SMS (Short Message Service). Dari sebuah teknologi yang bernama SMS sekarang bisa dikembangkan menjadi SMS Gateway yang mana berfungsi untuk menggantikan tugas manusia menyalurkan informasi secara cepat dan lebih efektif kepada banyak orang. Dalam penelitian ini akan mengimplementasikan Pengelolaan Informasi Tenaga Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kulon Progo Berbasis SMS Gateway. Sistem ini akan digunakan untuk menyalurkan informasi lowongan pekerjaan kepada para pencari kerja di Kabupaten Kulon Progo. Lowongan Pekerjaan akan diinformasikan kepada pencari kerja yang telah mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pendafataran dan mengisi biodata di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Aplikasi SMS Gateway akan dibuat menggunakan framework Laravel dan database SQLite. Pada Penerapan dilapangan aplikasi akan digunakan oleh lingkungan internal Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Unit Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja.

References

Afrina, M., & Ibrahim, A. (2015, oktober). Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Retrieved from Jurnal Informasi JSI: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Komputer, W. (2005). Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis SMS dengan Java. Jakarta: Salemba Infotek.

Ibrahim A. (2011). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Tugas Akhir Berbasis Short Message Service Gateway di Fasilkom Unsri. JUSI, 81-92

Saputra, A. (2012). Membuat Aplikasi Absensi dan Kuesioner untuk Panduan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Koputindo.

Y, K., & Rosa, D. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis WEB Menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: Graha Ilmu.

bhosale, S. T., Patil, T., & Patil, P. (2015). SQLite: Light Database System. india: Shivaii University, Kolhapur.

widodo, B. P., & Purnomo, H. D. (2016). Perancangan Aplikasi Pencarian Layanan Kesehatan Berbasis HTML 5 Geolocation. Jurnal Komputer. Jurnal Sistem Komputer.

Naista, D. (2016). Bikin Framework PHP Sendiri dengan Teknik OOP dan MVC. Jakarta: Lokomedia.

Rozi, A. Z., & Comunity, S. D. (2015). Bootstrap Design Framework. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Shah, M. Q. (2015). Responsivr Web Development Using the Twitter Bootstrap Framework. TURKU UNIVERSITY: tidak diterbitkan.

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
V. H. A. . Nugroho, G. . Indriyanta, and P. B. . Waluyo, “Pengelolaan Informasi Tenaga Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo Berbasis SMS Gateway”, JUTEI, vol. 3, no. 2, pp. 117–126, Jul. 2021.