Implementasi Algoritma Dijkstra untuk Mencari Rumah Kost Terdekat di Kodya Yogyakarta Berbasis Android

Authors

  • Bhernardin Erryco Gagah Pattriskak Universitas Kristen Duta Wacana
  • R.Gunawan Santosa Universitas Kristen Duta Wacana
  • Antonius Rachmat Chrismanto Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2020.41.193

Keywords:

Dijkstra, Android, pencarian kost terdekat, pencarian jalur terpendek

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh para mahasiswa terutama mahasiswa pendatang adalah sulitnya untuk memperoleh tempat tinggal, salah satunya adalah rumah kost. Namun beberapa mahasiswa memiliki pertimbangan tertentu dalam memilih kos-kosannya salah satunya adalah jarak tempat kost dari universitas tertentu. Penelitian ini akan mencoba mengimplementasikan algoritma Dijkstra untuk melakukan pencarian kost terdekat di Android, pada aplikasi ini juga akan terdapat fitur pencarian jalur terpendek, filter harga maksimal, dan filter jarak maksimal. Algoritma Dijkstra merupakan salah satu algoritma untuk melakukan pencarian jarak terkecil dan jalur terpendek. Hasil pencarian jarak kost terdekat dan jalur terpendek akan dibandingkan dengan hasil dari Google Maps, proses lamanya waktu pencarian pada sistem juga akan dicatat. Dari penelitian ini algoritma Dijkstra berhasil diimplementasikan untuk melakukan pencarian kost terdekat, pencarian kost berdasarkan filter, dan pencarian jalur terpendek di Android. Pada pengujian pencarian jarak kost terdekat didapatkan hasil bahwa algoritma Dijkstra dalam mencari jarak terkecil hampir mendekati data dari Google Maps dengan rata-rata selisih jarak sebesar 6,1 m. Pengujian ini juga menemukan bahwa semakin jauh jarak dan jalur rumah kost yang dicari menggunakan algoritma Dijkstra maka akan semakin lama waktu pencariannya dikarenakan semakin banyaknya vertek yang dikerjakan.

References

A. Christian, "Studi Literatur Perbandingan Algoritma dijkstra Dan Bellman-ford Dalam Pencarian Jarak Terdekat," 2013.

G. A. Nalu, "Studi Literatur Algoritma Floyd-warshall Dan dijkstra Untuk Menentukan Jalur Terpendek," 2015.

A. G. Wibowo and A. P. Wicaksono, "Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra," 2012.

F. A. Pratama and D. P. Kusumaningrum, "Penggunaan Algoritma Dijkstra Pada Aplikasi Searching Hotel Di Kota Semarang," 2013.

A. Budianto and E. R. Nainggolan, "Perancangan Aplikasi Islamic Boarding School Finder Berbasis Android Menggunakan Algoritma Dijkstra," 2016.

D. Wahyuningsih and E. Syahreza, "Shortest Path Search Futsal Field Location With Dijkstra Algorithm," 2018.

U. Hasanah, N. Safriadi and T. , "Rancang Bangun Aplikasi Location Based Service Lokasi Masjid Pontianak Menggunakan Metode Dijkstra Berbasis Android," 2015.

T. Wahyuningrum and E. Usada, Matematika Diskrit: dan Penerapannya dalam Dunia Informasi, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

R. Munir, Matematika Diskrit, Bandung: Informatika, 2010.

Y. Supardi, Belajar Coding Android bagi Pemula, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

Marsudi, Teori Graf, UB Press, 2016.

T. H. Cormen, C. E. Leiserson, R. L. Rivest and C. Stein, Introduction to Algorithms, MIT Press, 2009.

mokox, "GitHub," 2015. [Online]. Available: https://github.com/mokox/dijkstra-algorithm. [Accessed 2019].

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
B. E. G. . Pattriskak, R. . Santosa, and A. R. Chrismanto, “Implementasi Algoritma Dijkstra untuk Mencari Rumah Kost Terdekat di Kodya Yogyakarta Berbasis Android”, JUTEI, vol. 4, no. 1, pp. 45–54, Jul. 2021.