Sistem Informasi Pelaporan dan Penanganan Kerusakan Fasilitas Kelas Studi Kasus : Universitas Kristen Duta Wacana

Authors

  • Rina Widiana Sari Universitas Kristen Duta Wacana
  • Wimmie Handiwidjojo Universitas Kristen Duta Wacana
  • Lussy Ernawati Universitas Kristen Duta Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21460/jutei.2019.32.188

Abstract

Fasilitas kelas menjadi salah satu pendukung dalam proses belajar mengajar termasuk segala fasilitas perkuliahan yang disediakan di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW). Namun, terkadang masih ada mahasiswa maupun dosen yang mengeluh karena terdapat fasilitas yang tidak berfungsi atau bermasalah ketika digunakan didalam kelas. UKDW sebelumnya sudah menyediakan sarana bagi dosen untuk melaporkan keluhan kondisi kelas dalam bentuk lembaran yang diletakkan di dalam presensi perkuliahan, namun hal tersebut kurang efektif karena masih bersifat manual dan bisa saja terjadi hilangnya kertas laporan sehingga menghambat proses perbaikan dari fasilitas yang dikeluhkan. Oleh karena itu,  perlu dibuat sebuah sistem yang mampu menangani masalah tersebut dengan Sistem Informasi Pelaporan dan Penanganan Kerusakan Fasilitas Kelas. Melalui sistem ini dosen dapat melakukan keluhan berupa laporan kerusakan fasilitas yang kemudian laporan tersebut akan disimpan kedalam database. selain itu juga dosen dan admin (biro 1) dapat memantau proses pengerjaan laporan melalui checklist proses kerja yang akan diberikan oleh unit, dan juga unit dapat memvisualisasikan fasilitas yang sering mengalami kerusakan melalui dashboard  dalam bentuk grafik. Dengan dibangunnya sistem ini, dapat memfasilitasi dosen dalam melaporkan keluhan apabila terdapat fasilitas yang bermasalah ketika digunakan saat perkuliahan berlangsung. Sehingga unit yang bertanggung jawab dalam mengelola fasilitas dapat segera melakukan proses perbaikan dengan segera.

References

N. C. Aridhianto, “Analisis Kondisi Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Atas,” Hubungan Fasilitas Belajar, 2015.

A. M. Y. Putri dan S. A. Muhidin, “Survei tentang standar fasilitas pembelajaran di SMK Pasundan 1 Bandung,” Jurnal Pendididkan Manajemen Perkantoran, vol. 3, pp. 240-284, Januari 2018.

S. W. Mursalim, “Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (Lapor) di Kota Bandung,” Jurnal Ilmu Administrasi (JIA), vol. 15, pp. 1-17, Juni 2018.

H. P. Wibowo dan H. Sismoro, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang,” Jurnal Dasi, vol. 13, 3 September 2012.

R. Asmara, “Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Kabupaten Padang Pariaman,” Jurnal J-Click, vol. 3, 2 Desember 2016.

E. Iswandi, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa dan Pelajar Kurang Mampu di Kenagarian Barung-Barung Balantai Timur,” Jurnal Teknoif, vol. 3, p. 2, Oktober 2015.

C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaat,” Jurnal Teknologi Informasi ESIT, vol. 12, p. 1, April 2018.

A. Febrina dan Ardoni, “Perancangan Database Berbasis Web Sebagai Media Temu Kembali Arsip di Kantor Pusat Komputer Universitas Negeri Padang,” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, vol. 2, p. 1, September 2013.

H. Kuswanto, “Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of Beautifull Website Design (2nd Edition) By Jason Beaird”,” Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), vol. 2, Mei 2017.

A. H. Suyanto, Step By Step Web Design : Theory and Practices, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

H. Kurniawan, “Pengembangan Penerapan Sistem Parkir,” Jurnal Informatika, vol. 11, p. 2, Desember 2011.

Ilhamsyah dan S. Rahmayudha, “Perancangan Model Dashboard Untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa,” Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT (JPIT), vol. 2, p. 1, Januari 2017.

D. Bachtiar dan Atikah, “Sistem Informasi Dashboard Kependudukan di Kelurahan Manis Jaya Kota Tangerang,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 5, p. 1, Maret 2015.

Published

2021-07-13

How to Cite

[1]
R. W. . Sari, W. . Handiwidjojo, and L. . Ernawati, “Sistem Informasi Pelaporan dan Penanganan Kerusakan Fasilitas Kelas Studi Kasus : Universitas Kristen Duta Wacana”, JUTEI, vol. 3, no. 2, pp. 137–146, Jul. 2021.